SUKSESKAN BIAN (BULAN IMUNISASI NASIONAL) KECAMATAN KANDAT

by Admin, Posted on: 14 Jul 2022, 09:15 - Comments. - 46 Views.


Puskesmas Blabak akan melaksanankan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) di Posyandu Balita se Kecamatan Kandat pada bulan agustus 2022. Perlu dukungan dari berbagai pihak untuk kelancaran program ini. Maka itu dilakukan sosialisasi ke lintas sektor pada acara Pertemuan Forum Komunikasi imunisasi yang dilaksanankan hari kamis tanggal 14 Juli 2022 di Gedung Adhya Graha Puskesmas Blabak. Dengan mengundang Bapak Camat Kandat, Kapolsek, Danramil, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK kec. Kandat, , Ibu Ketua Tim Penggerak PKK desa sekecamatan Kandat, perwakilan Kader Posyandu balita, dan perwakilan Organisasi Aisyah, Muslimat dan PAUD.

BIAN atau singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah upaya yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2022 untuk menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi COVID-19.

BIAN dilaksanakan selama satu bulan, bertahap di seluruh provinsi Indonesia. Tahap pertama dilaksanakan mulai Mei 2022 di seluruh provinsi di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tahap kedua dilaksanakan mulai Agustus 2022 di seluruh provinsi di Jawa dan Bali.

Dengan terselenggaranya kegiatan BIAN diharapkan kekebalan masyarakat terbentuk sehingga pada akhirnya bisa mencapai eliminasi Campak-Rubela, mempertahankan status Indonesia Bebas Polio, mempertahankan eliminasi tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir serta mengendalikan penyakit difteri dan pertussis. Perlu juga dilaksanakan imunisasi kejar guna menutup kesenjangan imunitas terutama pada anak usia kurang dari 5 tahun (balita).

Kegiatan bian meliputi 2 kegiatan:

  1. Imunisasi Tambahan (Campak – Rubela) sasaran usia 9-59 bulan berupa pemberian satu dosis imunisasi campak-rubela tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.
  2. Imunisasi Kejar (OPV, IPV DAN DPT-HB-Hib) sasaran anak usia 12-59 bulan berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi dasar maupun lanjutan bagi anak yang belum menerima dosis vaksin sesuai usia.

Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. Tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan.

Sumber : kemenkes.go.id

*PROMKES KABUPATEN KEDIRI, 1 HARI 1 EDUKASI*